Viral Marketing : Teleportasi Di Cina & Jade Dynasty 2

Sebuah aksi luar biasa dilakukan sosok misterius di Cina, sosok tersebut berpakaian serba hitam dengan dengan kedua tangan yang bersinar putih, dengan heroik ia melakukan penyelamatan pada seorang pria yang hampir tertabrak truk yang tengah melaju kencang. sosok tersebut melakukan Teleportasi tepat di depan pria dengan sepeda gayung itu dan "memindahkannya" ke tepi jalan.


Video yang di unggah di situs Youtube tersebut telah di saksikan lebih dari 2 juta orang.dan tentunya telah menghebohkan dunia maya. untuk lebih jelasnya ini adalah videonya






pada saat waktu di frame kamera tersebut menunjukan menit ke 03.33 terlihat seorang pria bersepeda yang pasti akan tertabrak bila sosok misterius kita tidak datang seperti pada gambar berikut



pada detik yang bersamaan sosok misterius tersebut datang dari depan pengendara sepeda, dan dengan secepat kilat memindahkan pengendara sepeda ke pinggir jalan




benar-benar luar biasa!. hanya dalam hitungan detik pengendara sepeda dan sosok misterius tersebut telah berada di pinggir jalan. adegan selanjutnya sopir truk yang hampir menabrak si pengendara sepeda segera berhenti dan keluar untuk melihat orang yang hampir terlindas truknya.kemudian dengan tenang sosok misterius ini berjalan dengan tenang meninggalkan dua orang yang masih syok ini.



Aazing! peristiwa tersebut, apapun itu, dan siapapun atau apapun yang melakukannya benar-benar heroik. namun siapakah sosok misterius tersebut?satu-satunya sosok yang saya tau dapat berteleportasi adalah Namikaze Minato ayah dari Naruto. lalu apakah sosok tersebut adalah alien? timer traveler? atau seseorang telah menemukan alat untuk teleportasi?.


jawabannya adalah : tidak!



video tersebut memang sangat luar biasa, bahkan terlalu luar biasa. kita hampir tidak dapat menemukan jejak CGI di dalamnya. teleportasi memang sudah memungkinkan saat ini, namun teknologi yang kita kenal belum mampu melakukan teleportasi pada mahluk hidup. baru-baru ini laboratorium fisika Australian natoinal university telah dapat menteleportasikan cahaya sejauh satu meter dengan hanya sekedip mata tetapi untuk mahluk yang bernafas masih sangat mustahil.


Penjelasan Alternatif
secara sepintas video tersebut memang sempurna. tentunya yang membuat video tersebut tau apa yang harus di lakukan. namun bila kalian memperhatikan video tersebut dengan detail maka video tersebut akan memperlihatkan cacatnya. seperti yang telah saya catat berikut ini.

1. Bayangan
perhatikan snapshot dari video ini


Tinggi bayangan yang dihasilkan oleh sosok misterius kita adalah sama dengan sosok itu sendiri sedangkan untuk pengendara sepeda bayangan yang di hasilkan jauh lebih panjang. dengan asumsi sederhana, cahaya dari lampu truk yang merupakan cahaya terdekat dari mereka seharusnya akan menghasilkan proporsi bayangan yang sama.

2. Pengendara Truk



jika saya mengatakan bahwa pengendara truk tersebut memakai pakaian berwarna putih, maka saya kira kalianpun akan setuju, lihat gambar di atas. namun pada saat pengendara truk tersebut menghentikan mobilnya dan keluar untuk mengecek korban, ia mengenakan pakaian berwarna hitam!. baiklah mungkin ia mengganti bajunya di dalam truk tanpa sepengatahuan kita. namun sebagai orang normal, ia tidak mungkin memikirkan bajunya saat ia tau telah menabrak seseorang dengan Truk!.

3. CCTV

pada video tersebut dikatakan bahwa video ini di rekam dengan menggunakan kamera CCTV. saya kira ini tidak mungkin, kualitas gambarnya terlalu jernih. kualitas gambar yang dihasilkan oleh CCTV bergantung pada DVR yang di gunakan. saat ini DVR yang paling canggih yaitu DVR tipe D1 hanya dapat merekam dengan kualitas gambar 704 x 420 pixel. sedangkan kita dapat dengan mudah menemukan video ini dengan kualitas gambar 1020pixel (HD) di youtube 

Jadi kita dengan pasti dapat menyimpulkan bahwa ini adalah video Hoax

dari penelusuran saya , video ini merupakan viral marketing untuk mempromosikan game Jade Dynasty 2 atau Zhu Xian 2. tokoh yang berteleportasi pada video tersebut merupakan promosi dari salah satu tokoh dalam game tersebut yang bernama Dragon Totem Girl yang memiliki berbagai kekuatan super dan salah satunya adalah teleportasi. jika di antara kalian masih ada yang kurang puas dengan analisis saya. dan tidak percaya dengan teori Viral Marketing yang saya sebutkan. klik  disini  dan pikirkan sendiri :)

Penulis : Gus ~ IT's ALL YOU KNOW, AND IT'S ALL YOU NEED TO KNOW

Artikel Viral Marketing : Teleportasi Di Cina & Jade Dynasty 2 ini dipublish oleh Gus pada hari Friday, May 3, 2013. Artikel ini ditujukan hanya untuk pengetahuan.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar yang relevan.sudah ada 4 komentar: di postingan Viral Marketing : Teleportasi Di Cina & Jade Dynasty 2
 

4 comments:

  1. Analisis yang keren, saya suka. Dari pertama kali saya lihat video ini di salah satu berita televisi swasta, saya langsung men-check kebenarannya.

    Oh ya, menurut pendapat saya, kalau kejadian dalam video itu sungguhan, seharusnya pengemudi truk langsung bertanya kepada si penolong misterius, atau paling tidak mendekatinya dan bertanya "apakah anda yang benar2 menyelamatkannya". Yah, karena alasan itu menurut saya salah satu kenapa video ini dicap hoax

    Jadi, saya sebagai orang yang awam pertama kali melihat video ya merasa amazed, pokoknya analisis anda benar-benar keren :)

    CMIIW

    Yovi.A (Incognito)
    yoviavianto@blogspot.com

    ReplyDelete
  2. benar sekali, saya setuju dengan pendapat anda :)

    ReplyDelete
  3. nah ane masih gak jelas gan :malu:
    kunjung balik ya gan :)

    ReplyDelete
  4. dwiki : apanya yang masih belom jelas gan?

    ReplyDelete

diooda