Apa Tujuan Einstein Sesungguhnya

anda paasti mengenal Albert Einstein, ilmuan fisika jenius dengan persamaan E= mc2 yang termasyur.
(citraan rambutnya pasti segera terlintas di benak anda) anda juga pastinya mengetahui bahwa persamaan tersebut memiliki hubungan erat dengan bom atom dan menganggap bahwa persamaan tersebut amatlah penting untuk kita,


Namun sejujurnya bagi kita orang awam, maknanya tidak ada sama sekali. bukan maksud saya untuk mengatakan bahwa persamaan tersebut bukan penghayatan paling mendalam yang pernah di hasilkan manusia. 
 walaupun persamaan ini terkait dengan banyak hal yang terjadi di depan hidung kita setiap hari, perannya terlalu kecil untuk teramati kecuali dalam kasus bom atom, salah satu produk manusia yang jelas sangat efektif untuk menarik perhatian.





persamaan yang amat termasyur ini pertama kali hadir dalam sebuah makalah karya Albert Einstein pada tahun 1905 sebagai salah satu teori kecil dalam teori relativitasnya. secara naluri kita lebih suka percaya bahwa energi adalah energi dan benda adalah benda titik!.

 akan tetapi naluri Einstein yang mungkin sedikit berbeda menemukan bahwa energi dan masa sesungguhnya dua aspek berbeda tetapi dapat saling dipertukarkan untuk sesuatu yang secara universal sama, yang demi istilah lebih baik kita sebut masa-energi. persamaan Einstein yang kecil, sederhana, tetapi menghebohkan ini merupakan rumus untuk menentukan berapa banyak energi yang setara dengan jumlah masa, dan sebaliknya.

bagi yang tidak takut dengan matematika : jika m = kuantitas masa dan E kuantitas energi yang setara, persamaan ini mengatakan bahwa anda dapat menentukan kuantitas energi cukup dengan mengalikan  dengan bilangan c2. bilangan c2 memiliki harga yang sulit di bayangkan yaitu kuadrat kecepatan cahaya (3 x 108 )jadi anda dapat memperoleh energi yang sangat berlimpah dari kuantitas masa yang sangat kecil. 

alasan mengapa persamaan einstein tidak begitu terkait dengan kehidupan sehari-hari adalah karena semua kegiatan pembuatan energi  sehari-hari yang umum misalnya metabolisme makanan, dan pembakaran batu bara serta bensin, adalah proses kimia murni, dan dalam semua proses kimia, besasr masa yang menghasilkan enargi tidak ada artinya. sebarapa sedikitkah itu?
baiklah, bahkan ketika kita meledakkan satu pound TNT, yang akan kita sepakati sebagai sebuah proses kimia yang melepaskan energi yang amat besar seluruh energi tersebut berasal dari konversi atau pengubahan hanya separuh dari satu per satu miliar gram massa jika kita dapat menimbang TNT sebelum di ledakkan dan mengumpulkan semua asap dan gas seusai peledakan kemudian menimbang semuanya, kita akan menemukan berat mereka hanya hanya berkurang 0,5 per satu miliar gram. itu berarti untuk ledakan TNT yang dahsyat tersebut energi yang di butuhkan hanya berasal dari 0,5 per satu miliar gram. how cool is that?

itu terlalu jauh luar jangkauan pengamatan kita. kita hampir tidak dapat mengukurnya bahkan dengan timbangan paling peka di dunia.

jika tadi saya mengatakan bahwa persamaan tersebut tidak ada kaitannya dengan kehidupan kita, sesungguhnya tidaklah sepenuhnya demikian, terdapat satu pengecualian besar yang akan saya bahas nanti


Penulis : kira lawliet ~ IT's ALL YOU KNOW, AND IT'S ALL YOU NEED TO KNOW

Artikel Apa Tujuan Einstein Sesungguhnya ini dipublish oleh kira lawliet pada hari Monday, April 29, 2013. Artikel ini ditujukan hanya untuk pengetahuan.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar yang relevan.sudah ada 0 komentar: di postingan Apa Tujuan Einstein Sesungguhnya
 

0 comments:

Post a Comment

diooda